Sistem Informasi Rumah Sakit (e-Hospital)
Rabu, 19 Agustus 2009 18:18:57 - oleh : admin
Sistem ini dibangun berbasiskan GUI (graphical user interface) dan dijalankan pada sistem operasi MS-Windows Server 2000 Sebagaimana telah diketahui, sistem operasi Windows sangat mudah dalam pemakaiannya (user friendly) serta menarik tata tampilannya. Di samping itu pemilihan sistem operasi ini juga didasarkan pada kemampuan sistem operasi ini sendiri yang tidak dijumpai pada sistem operasi lain.
Sistem ini dioperasikan secara on-line untuk semua aplikasi dan langsung digunakan untuk operasional sehari-hari. Setiap transaksi yang terjadi langsung dicatat dalam sistem informasi saat itu juga. Apabila terjadi gangguan terhadap sistem sehingga sistem tidak bisa bekerja secara on-line (misalnya listrik mati) maka sistem harus memberikan fasilitas entry data transaksi susulan yaitu semua transaksi yang terjadi selama berlangsungnya gangguan tersebut. Semua transaksi selama terjadinya "system down" harus ditangani secara manual.
1. Sistem Gudang Medik
Aktifitas di lingkup logistik apotik dimulai dengan proses pembelian obat atau alat dari supplier. Setiap pembelian dimulai dari proses pemesanan dari bagian logistik apotik kepada supplier. Pengiriman barang dari supplier disertai dengan faktur pembelian. Untuk item pesanan yang tidak bisa dipenuhi pada saat pengiriman (misalnya karena stok supplier sedang kosong) maka harus dilakukan pemesanan ulang. Setiap item pengiriman dicocokkan dengan data pesanannya, baik dari segi nama barang maupun jumlahnya. Apabila ditemukan ketidaksesuaian maka akan dilakukan tindak lanjut tertentu. Jika ketidaksesuaian ini bisa diterima maka barang bisa dimasukkan ke stok. Sedangkan jika tidak maka barang akan dikembalikan kepada supplier.
Persediaan atau logistik apotik membutuhkan pencatatan yang baik terhadap transaksi keluar atau masuknya barang. Posisi stok setiap saat harus bisa dengan cepat diketahui. Pengendalian stok meliputi reorder point, expiry date, stok aktual dan otorisasi pengeluaran barang.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Monitoring posisi stok aktual per kedaluwarsa per obat atau alat di gudang
- Monitoring posisi stok aktual total per obat atau alat di gudang
- Pembuatan rencana pemesanan
- Pencetakan dokumen pemesanan dengan penomoran yang otomatis dan unik (tidak mungkin kembar)
- Penerimaan pesanan obat atau alat sekaligus memperbarui harga pokok obat atau alat
- Updating stok obat atau alat secara otomatis setiap terjadi transaksi mutasi barang
- Monitoring pemenuhan pesanan
- Penukaran obat atau alat sekaligus mencetak dokumen penukarannya dengan nomor yang otomatis dan unik. Biasanya dilakukan untuk obat atau alat yang akan kedaluarsa
- Pembatalan pemesanan maupun penukaran
- Monitoring permintaan obat atau alat oleh unit lain kepada gudang
- Serah terima obat atau alat kepada unit lain sesuai dengan permintaan yang telah disetujui manajemen
- Pemberian peringatan terhadap barang yang dalam waktu dekat akan kedaluwarsa
- Pemberian peringatan terhadap barang yang sudah waktunya melakukan pemesanan ulang
- Stock opname
- Proses pengakuan data stock opname sebagai data stok yang aktual
- Transaksi kehilangan obat atau alat
- Transaksi pemusnahan obat atau alat yang dinyatakan afkir
- Penyediaan data-data transaksi yang dibutuhkan dalam proses akuntansi
- Pembuatan laporan transaksi-transaksi yang terjadi di gudang seperti pemesanan, pembelian, serah terima kepada unit lain, penukaran dan sebagainya
- Pembuatan laporan pemesanan yang belum terpenuhi
- Pembuatan laporan posisi stok aktual obat atau alat di gudang
- Pembuatan laporan obat atau alat yang dalam waktu dekat akan kedaluwarsa
- Pembuatan laporan obat atau alat yang sudah waktunya melakukan pemesanan ulang
2. Sistem Hutang
Hutang piutang adalah salah satu yang harus dikendalikan dengan baik oleh rumah sakit karena berdampak langsung terhadap kinerja keuangan rumah sakit. Status pembayaran hutang piutang, tanggal jatuh tempo hutang piutang, daftar piutang yang tidak tertagih, daftar hutang yang belum terbayar merupakan hal-hal yang harus bisa dimonitor dengan baik. Sistem Hutang dibuat untuk membantu aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan penanganan hutang rumah sakit.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Data master supplier atau relasi lain yang terkait dengan hutang
- Penerimaan faktur pembelian dan faktur pajak pembelian
- Penerimaan faktur kredit pembelian
- Penerimaan nota kredit pembelian
- Penerimaan down-payment
- Penghitungan hutang insentif dokter
- Posting ke kartu hutang
- Kartu hutang dagang per supplier
- Kartu hutang non dagang per relasi
- Monitoring credit limit hutang
- Fasilitas koreksi transaksi
- Pembuatan laporan hutang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat
- Pembuatan laporan hutang yang telah jatuh tempo tetapi belum terbayar per supplier atau relasi
- Kliring otomatis untuk hutang wesel yang telah jatuh tempo
- Posting ke dalam rekening-rekening akuntansi
Aktifitas penjualan obat atau alat kepada pasien, masyarakat umum atau internal rumah sakit adalah aktifitas utama apotik. Penjualan obat atau alat oleh apotik kepada pasien atau masyarakat umum dilakukan apotik berdasarkan resep yang dibawa. Resep ini harus disimpan dengan baik sebagai bukti legalitas penjualan obat. Pengambilan obat oleh pasien rawat jalan atau masyarakat umum bisa dilakukan apabila yang bersangkutan telah membayar kepada kasir. Penjualan medical supply kepada pihak internal rumah sakit dilakukan berdasarkan bon permintaan yang telah disetujui oleh pimpinan. Bon permintaan bisa dikoreksi maupun ditolak oleh pimpinan.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Penyusunan dan pencetakan formularium obat
- Pengkodean item obat dan alat medis
- Database Master obat dan alat medis
- Penentuan harga jual tiap item obat atau alat dibantu oleh sistem
- Permintaan obat atau alat kepada gudang
- Penerimaan obat atau alat dari gudang
- Penukaran obat atau alat ke gudang
- Entri resep dan transaksi penjualan
- Penghitungan total harga jual secara otomatis
- Update posisi stok otomatis secara FIFO berdasarkan tanggal kedaluarsa-nya
- Pencetakan nota
- Monitoring posisi stok aktual
- Transaksi kehilangan obat atau alat
- Pembuatan laporan penjualan obat atau alat per resep dan rekapitulasinya
- Pembuatan laporan posisi stok aktual obat atau alat per tanggal kedaluarsa maupun total
- Pembuatan laporan penjualan obat yang dalam pengawasan ke Depkes
- Penyediaan data-data transaksi yang dibutuhkan oleh bagian Hutang Piutang dan Akuntansi
Pada saat datang ke rumah sakit seorang pasien didaftar terlebih dahulu di Tempat Penerimaan Pasien (TPP). Apabila pasien tersebut belum pernah menjadi pasien di rumah sakit maka data pribadi pasien yang bersangkutan dicatat dan diberi nomor registrasi baru yang unik. Sedangkan apabila pasien tersebut bukan pasien baru maka detil data pribadi tidak perlu dicatat lagi. Data-data ini menjadi bagian dari data medical record pasien yang bersangkutan. Semua pasien diberi kartu identitas pasien. Kartu ini seharusnya dibawa oleh pasien setiap kali berobat ke rumah sakit.
Setelah dicatat data pribadinya, pasien ditanya keluhannya untuk diputuskan diarahkan ke unit pelayanan yang mana. Pasien selanjutnya dimasukkan ke dalam antrian unit pelayanan tersebut.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Pendaftaran pasien baru dan pemberian nomor rekam medis otomatis
- Pencetakan kartu pasien
- Pendaftaran kunjungan pasien dan keterangan rujukan
- Pembayaran karcis
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) tertentu
- Dialog-dialog data master pasien, suku bangsa, agama, dan debitur
- Dialog informasi kamar rawat inap
- Pembuatan laporan statistik kunjungan pasien per UPP
- Laporan keuangan karcis pendaftaran
5. Sistem Rawat Jalan (poli)
Unit rawat jalan menyediakan beberapa poli untuk melayani kunjungan pasien. Setiap poli biasanya mempunyai spesialisasi sendiri-sendiri. Sistem rawat jalan dibangun untuk menangani administrasi pelayanan pasien di poli-poli tersebut.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Dialog daftar antrian pelayanan pasien
- Entri data pemeriksaan pasien yang meliputi anamnesa, diagnosa, terapi, tindakan, data penunjang medis, serta tenaga medis yang bertanggung jawab
- Transaksi pemakaian alat-alat atau bahan kesehatan
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Dialog display riwayat pasien atau medical record seorang pasien
- Dialog riwayat antrian seorang pasien
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Pembuatan laporan jurnal kunjungan pasien ke poli periode tertentu
- Laporan statistik kunjungan pasien
- Laporan statistik diagnosa pasien berdasarkan ICD-nya
- Laporan statistik pembedahan pasien berdasarkan ICOPIM-nya
- Grafik jumlah pasien dan diagnosa per bulan
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
6. Sistem Laboratorium
Pemeriksaan laboratorium merupakan salah satu jasa yang disediakan oleh rumah sakit. Untuk keperluan penanganan aktifitas di Laboratorium ini dibangun sebuah sistem tersendiri.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Dialog daftar antrian pelayanan pasien
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Cetak karcis pengambilan hasil pemeriksaan
- Entri hasil pemeriksaan lab
- Cetak hasil pemeriksaan
- Transaksi penyerahan hasil pemeriksaan
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Dialog-dialog data master jasa lab dan nilai normal hasil pemeriksaan
- Daftar tarif pemeriksaan lab
- Pembuatan laporan jurnal kunjungan ke lab
- Laporan statistik kunjungan berupa tabel dan grafik
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
7. Sistem Radiologi
Unit radiologi menyediakan jasa foto X-ray, CT-Scan dan USG. Sistem Radiologi disediakan untuk membantu aktifitas pencatatan transaksi di unit ini.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Dialog daftar antrian pelayanan pasien
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Cetak karcis pengambilan hasil pemeriksaan
- Entri hasil diagnosa foto
- Cetak hasil pemeriksaan
- Transaksi penyerahan hasil pemeriksaan
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Dialog data master jasa radiologi
- Daftar tarif jasa radiologi
- Pembuatan laporan jurnal kunjungan radiologi
- Laporan statistik kunjungan berupa tabel dan grafik
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
8. Sistem Klinik KB
Klinik KB melayani pemeriksaan dan pemasangan alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB). Setiap pasien yang berkunjung ke klinik ini didaftar sebagai peserta KB.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain:
- Dialog daftar antrian pelayanan peserta KB
- Entri data pemeriksaan dan tindakan terhadap peserta KB berikut tenaga medis yang bertanggung jawab
- Transaksi pemakaian alat-alat atau bahan kesehatan
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Dialog display riwayat peserta KB
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Pembuatan laporan jurnal kunjungan peserta KB periode tertentu
- Laporan statistik kunjungan peserta KB
- Grafik jumlah peserta KB per bulan per metoda kontasepsi
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
9. Sistem Rawat Inap
Unit Rawat Inap mengelola fasilitas kamar rawat inap, menangani perawatan pasien selama menjalani rawat inap, serta melakukan administrasi kegiatannya sehari-hari.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Dialog daftar antrian pasien rawat inap baru
- Pendaftaran pasien rawat inap
- Pencatatan anamnesa
- Transaksi visite dokter
- Transaksi konsultasi dokter spesialis
- Transaksi diagnosa
- Transaksi terapi pasien
- Transaksi tindakan ruangan terhadap pasien
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Transaksi Mutasi kamar rawat inap
- Transaksi Mutasi spesialisasi perawatan
- Pembuatan rujukan keluar
- Transaksi KRS
- Dialog display riwayat pasien atau medical record seorang pasien
- Pembuatan laporan jurnal kunjungan pasien rawat inap periode tertentu
- Laporan statistik kunjungan pasien
- Laporan statistik diagnosa pasien berdasarkan ICD-nya
- Laporan statistik pembedahan pasien berdasarkan ICOPIM-nya
- Grafik jumlah pasien dan diagnosa per bulan
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
10. Sistem Rawat Darurat
Unit Rawat Darurat menangani perawatan darurat 24 jam sehari. Unit ini bisa melakukan pemeriksaan, pemberian terapi dan tindakan langsung di ruang gawat darurat. Pemberian terapi tidak dalam bentuk resep namun langsung berbentuk obat. Penerimaan pasien darurat tidak melalui prosedur pendaftaran terlebih dahulu. Sehingga begitu pasien datang langsung ditangani tanpa melalui proses administrasi terlabih dahulu. Proses administrasi dilakukan setelah pasien mendapatkan perawatan.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Transaksi pemeriksaan pasien yang meliputi anamnesa, diagnosa, terapi, tindakan, pemakaian obat dan alat kesehatan serta tenaga medis yang bertanggung jawab
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Dialog display riwayat pasien atau medical record seorang pasien
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Pembuatan laporan jurnal kunjungan pasien ke UGD periode tertentu
- Laporan statistik kunjungan pasien
- Laporan statistik diagnosa pasien berdasarkan ICD-nya
- Laporan statistik pembedahan pasien berdasarkan ICOPIM-nya
- Grafik jumlah pasien dan diagnosa per bulan
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
11. Sistem Persalinan
Transaksi persalinan yang terjadi di Kamar Bersalin dicatat untuk keperluan administrasi dan penagihan kepada pasien. Persalinan di sini bisa berupa kelahiran maupun aborsi. Untuk keperluan tersebut disiapkan Sistem Persalinan yang mempunyai kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
- Riwayat persalinan (kelahiran dan abortus) sebelumnya
- Diagnosa komplikasi
- Tindakan persalinan
- Memasukkan pasien ke dalam antrian Unit Pelayanan Pasien (UPP) lain
- Persalinan tunggal atau kembar
- Data fisik bayi
- Penolong persalinan
- Transaksi pemakaian alat-alat atau bahan kesehatan
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Dialog display riwayat pasien atau medical record seorang pasien
- Pembuatan laporan jurnal persalinan pasien di Kamar Bersalin periode tertentu
- Laporan statistik persalinan pasien
- Laporan statistik diagnosa pasien berdasarkan ICD-nya
- Laporan statistik pembedahan pasien berdasarkan ICOPIM-nya
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
12. Sistem OK
Tindakan pembedahan yang dilakukan di Kamar Operasi ditangani administrasinya menggunakan Sistem OK yang mempunyai kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
- Diagnosa utama
- Jenis spesialisasi pembedahan
- Anesthesi dan identitas dokter anesthesi
- Tindakan pembedahan dan identitas dokter bedah
- Transaksi pemakaian alat-alat atau bahan kesehatan
- Penentuan tarif dibantu oleh sistem
- Dialog display riwayat pasien atau medical record seorang pasien
- Pembuatan laporan jurnal pembedahan pasien di Kamar Operasi periode tertentu
- Laporan statistik pembedahan pasien
- Laporan statistik diagnosa pasien berdasarkan ICD-nya
- Laporan statistik pembedahan pasien berdasarkan ICOPIM-nya
- Grafik jumlah pasien dan diagnosa per bulan
- Penyediaan data untuk penagihan pasien
13. Sistem Kasir Penerimaan
Setiap pasien atau debitur melakukan pembayaran tagihan melalui kasir penerimaan. Kasir menerima pembayaran dengan memperhatikan nilai tagihan yang menjadi beban pasien atau debitur yang bersangkutan. Pelunasan terhadap tagihan bisa dilakukan dalam satu kali atau beberapa kali pembayaran. Pembayaran ini bisa dalam bentuk tunai maupun kredit.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Dialog penerimaan pembayaran
- Dialog riwayat pembayaran tagihan
- Dialog detil nilai tagihan pasien
- Cetak nota dan kuitansi
- Jurnal transaksi pembayaran periode tertentu
- Rekapitulasi penerimaan pembayaran
14. Sistem Rekam Medik
Pengolahan data pelayanan rumah sakit dilakukan oleh Unit Rekam Medik. Kinerja pelayanan rumah sakit bisa diketahui dari laporan-laporan yang dibuat oleh unit ini. Untuk mendukung tugas-tugas Unit Rekam Medik ini disediakan Sistem Rekam Medik.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain:
- Penyiapan berkas rekam medik untuk setiap pasien yang berkunjung
- Pembuatan Discharge Summary pasien rawat inap
- Fasilitas koding diagnosa dan pembedahan berdasarkan ICD-X dan ICOPIM
- Dialog riwayat perawatan pasien
- Dialog-dialog untuk updating data master golongan rujukan, golongan UPP, jenis pekerjaan, jenis pelayanan, kategori pasien, perawatan, kelas perawatan, tarif perawatan, Unit Pelayanan Pasien (UPP), debitur perorangan dan lembaga, spesialisasi dokter
- Pembuatan laporan-laporan standard ke Departemen Kesehatan
- Pembuatan laporan-laporan statistik kunjungan rawat jalan, rawat inap, rawat darurat, persalinan, pembedahan dan penunjang medik
- Pembuatan laporan statistik hunian kamar inap
- Pembuatan grafik Barber-Johnson
15. Sistem Piutang
Untuk menangani piutang-piutang rumah sakit dibuat modul dengan beberapa kemampuan antara lain :
- Data master debitur
- Pembuatan nota tagihan pasien
- Pembuatan dokumen penagihan untuk pasien yang ditanggung oleh lembaga atau perusahaan, termasuk asuransi.
- Pembayaran down-payment
- Posting ke kartu piutang
- Kartu piutang per debitur
- Fasilitas koreksi transaksi
- Monitoring credit limit piutang
- Pembuatan laporan piutang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat
- Pembuatan laporan piutang yang telah jatuh tempo tetapi belum terbayar per customer atau relasi
- Kliring piutang wesel
- Peng-hapus buku-an piutang
- Pembuatan laporan peng-hapus buku-an piutang
- Posting ke dalam rekening-rekening akuntansi
16. Sistem Personalia
Data-data personalia sangat dibutuhkan dalam penanganan administrasi kepegawaian. Data riwayat setiap karyawan selama bekerja di rumah sakit harus terus dipelihara. Data ini selalu di-update setiap kali ada perubahan. Semua transaksi mutasi data karyawan disimpan untuk membentuk data riwayat karyawan.
Kemampuan-kemampuan modul ini adalah:
- Penanganan data induk karyawan yang dilengkapi foto diri
- Penanganan data riwayat pendidikan formal karyawan
- Penanganan data pelatihan yang telah diikuti oleh seorang karyawan
- Penanganan data mutasi jabatan karyawan
- Penanganan data mutasi fungsional karyawan
- Penanganan data masa kerja karyawan
- Penanganan data mutasi pangkat karyawan
- Penanganan data mutasi anggota keluarga karyawan
- Pola rotasi shift
- Fasilitas koreksi data mutasi
- Pencarian data karyawan
- Pembuatan laporan mutasi data karyawan
- Pembuatan laporan profil lengkap karyawan
- Pencetakan daftar karyawan
17. Sistem Penggajian
Setiap karyawan berhak atas sejumlah gaji setiap bulannya sesuai aturan yang telah ditetapkan. Ada sejumlah komponen gaji yang mempengaruhi besarnya gaji seseorang. Komponen-komponen ini ada yang bersifat sebagai unsur penambah ada pula yang bersifat sebagai unsur pengurang. Dari komponen-komponen inilah gaji seseorang dihitung setiap bulannya.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Master komponen gaji
- Entri nilai komponen gaji
- Penyusunan komponen gaji setiap karyawan
- Penghitungan gaji karyawan pada periode tertentu
- Fasilitas koreksi
- Pembuatan slip gaji karyawan
- Pembuatan laporan daftar gaji seluruh karyawan
18. Sistem Kas-Bank
Pengendalian arus keluar-masuk uang kas-bank harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Kinerja keuangan rumah sakit sangat mempengaruhi kinerja rumah sakit secara keseluruhan. Seluruh kewajiban keuangan harus diusahakan semaksimal mungkin bisa dipenuhi dengan baik. Untuk itu membutuhkan perencanaan yang matang terhadap pengeluaran kas-bank.
Demikian juga terhadap penerimaan kas-bank, pencatatannya harus dilakukan dengan baik untuk menghindari kesalahan-kesalahan pembukuan.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Pembuatan rencana pengeluaran kas-bank
- Pembuatan laporan perbandingan antara rencana pengeluaran dengan budget account yang bersangkutan
- Pembuatan voucher penerimaan dan pengeluaran kas atau bank
- Fasilitas otorisasi voucher
- Fasilitas koreksi transaksi
- Posting transaksi ke rekening yang bersesuaian
- Pembuatan laporan penerimaan dan pengeluaran kas-bank
- Pembuatan laporan realisasi budget periode berjalan
- Rekonsiliasi bank
- Pembuatan laporan rencana penerimaan melalui cek atau giro mundur yang telah diterima
- Pembuatan laporan rencana pengeluaran melalui cek atau giro mundur yang telah diserahkan
- Penanganan kas bon sementara
- Posting ke dalam akuntansi
19. Sistem Akuntansi
Proses akuntansi dimulai dari pencatatan transaksi ke dalam jurnal-jurnal transaksi. Data transaksi yang telah dimasukkan dari sistem lain, misalnya sistem hutang-piutang, sistem Kas-bank, tidak perlu dimasukkan ulang dari sistem ini. Data-data ini selanjutnya diproses untuk menghasilkan laporan-laporan akuntansi.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Penyusunan chart of account
- Penambahan account baru
- Transaksi jurnal khusus
- Transaksi jurnal penyesuaian
- Fasilitas koreksi transaksi
- Posting transaksi ke rekening yang bersesuaian
- Pembuatan laporan buku besar
- Penyusunan laporan neraca percobaan
- Penyusunan laporan laba atau rugi
- Penyusunan laporan neraca akhir
20. Sistem Manajemen RS
Untuk keperluan pengendalian, manajemen membutuhkan informasi-informasi tertentu. Informasi ini harus bisa diakses oleh pihak manajemen dengan mudah dan informatif.
Beberapa kemampuan yang dimiliki modul ini antara lain :
- Dialog monitoring posisi stok obat atau alat per unit stocking point maupun secara total (seluruh RS) beserta nilai harganya
- Dialog monitoring hutang piutang
- Penentuan margin profit tiap item obat atau alat
- Penentuan tarif perawatan dan pelayanan
- Dialog monitoring kas-bank
- Fasilitas editing dan persetujuan rencana pengadaan obat atau alat
- Pembuatan laporan-laporan realisasi pengadaan obat atau alat, penjualan, dan posisi stok aktual
- Rekap transaksi keuangan periode tertentu
- Rekap pemakaian obat dalam pengawasan periode tertentu
- Rekap diagnosa periode tertentu (poli umum, poli gigi, poli spesialis, rawat inap, UGD, kamar operasi, kamar bersalin)
- Rekap tindakan medis periode tertentu (poli umum, poli gigi, poli spesialis, persalinan, rawat inap, UGD, operasi, operasi kecil)
- Rekap kunjungan ke laboratorium dan radiologi periode tertentu
- Dialog riwayat perawatan pasien
- Pembuatan laporan-laporan statistik kunjungan rawat jalan, rawat inap, rawat darurat, persalinan, pembedahan dan penunjang medik
- Pembuatan laporan statistik hunian kamar inap
- Pembuatan grafik Barber-Johnson
- Pembuatan laporan hutang piutang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat
- Rekap hutang piutang yang telah jatuh tempo tetapi belum terbayar atau tertagih
- Rekap peng-hapus buku-an hutang atau piutang periode tertentu
- Dan laporan-laporan lain yang diinginkan manajemen dan akan didiskusikan lebih lanjut pada tahap desain sistem
Related Post:
Widget by [ Iptek-4u ]


21.25
Aris_Pasuruan@blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar